Nyeri Pada Payudara



Informasi Tentang Nyeri Payudara


Nyeri payudara dapat berkisar dari ringan sampai berat dalam intensitas, dan dari sakit secara keseluruhan untuk rasa sakit yang tajam atau kesemutan. Payudara mungkin merasa penuh atau berat, dan itu mungkin tidak nyaman untuk tidur di perut Anda atau memakai bra. Kelembutan, bengkak dan lumpiness bisa datang dan pergi dengan siklus menstruasi. Gejala-gejala ini biasanya merasa terkuat sebelum menstruasi dan meningkatkan selama atau segera setelah siklus
Mengapa Wanita Memiliki Nyeri Payudara?

Sebanyak 50% sampai 70% wanita mengalami nyeri payudara. Keluhan yang paling umum adalah pramenstruasi ketidaknyamanan payudara dan payudara kental. Ini sering terkait dengan jaringan fibrokistik pada payudara. Ini tidak meningkatkan risiko Anda untuk mengembangkan kanker payudara dan tidak ada perawatan yang diperlukan.


Payudara dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon selama siklus menstruasi dan kadang-kadang selama stres emosional. Perubahan tingkat estrogen dan progesteron dapat menyebabkan payudara untuk merasa lebih kental, menyakitkan dan / atau bengkak. Lumpiness dan / atau nyeri meningkat pada banyak perempuan karena mereka mendapatkan lebih tua. Hal ini mungkin karena perempuan menjadi lebih sensitif terhadap hormon wanita normal dengan bertambahnya usia mereka.

nyeri payudara juga bisa disebabkan oleh kista, atau kantong-kantong kecil cairan di payudara. Kista biasanya dapat dilihat pada mammogram atau USG. Kebanyakan wanita dengan payudara kental atau menyakitkan tidak memiliki kista. mammogram dan pemeriksaan USG biasanya normal.
Apa yang Bisa Dilakukan Tentang Nyeri Payudara?

Beberapa wanita menemukan bahwa membuat perubahan gaya hidup tertentu dapat menghilangkan rasa sakit payudara.

Berikut Adalah Beberapa Tips Mengatasi Nyeri Pada Payudara


    Kenakan bra yang mendukung, seperti bra olahraga, 24 jam sehari, atau ketika payudara yang paling sensitif. Ini dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh gerakan payudara Anda. Mengubah ke ukuran bra yang lebih besar jika Anda memiliki pembengkakan payudara.

    Panas, seperti dari bantal pemanas, kompres hangat atau mandi dapat memberikan bantuan. Untuk beberapa wanita, menggunakan kantong es atau kompres dingin dapat membantu.

    Menjaga berat badan yang sehat.

    Makan lebih banyak buah dan sayuran dan mengikuti diet rendah lemak.

    Mengurangi jumlah garam yang Anda makan, dan minum 8 sampai 10 gelas cairan bebas kafein sehari. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan di payudara Anda.

    Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa sakit payudara untuk mengurangi atau menghilangkan kafein dari diet Anda (lihat grafik). Menghilangkan kafein dari diet untuk setidaknya 3 sampai 4 bulan untuk melihat apakah nyeri membaik.

    Mengambil kalsium harian (1.000 mg untuk 1,500mg) dan vitamin E (800 I.U.) suplemen.

    Mengambil aspirin atau Tylenol ™.

    Coba langkah-langkah menghilangkan stres seperti latihan fisik secara teratur, teknik relaksasi dan pijat.

Tidak ada obat terbukti untuk ketidaknyamanan payudara siklis. Namun, kabar baiknya adalah bahwa hal itu tidak tanda kanker payudara dan biasanya menghilang ketika menopause dimulai.

nyeri payudara yang terjadi pada satu wilayah tertentu dan tidak berubah sepanjang bulan bisa menjadi tanda bahaya dan tidak boleh diabaikan. Periksa dengan dokter Anda untuk melihat apakah pemeriksaan payudara lengkap dan mammogram yang diperlukan.